Belajar Ternak Kambing Yang Mudah

Spread the love

Ternak kambing adalah salah satu usaha yang perlu dipelajari karena jika ditekuni ternyata bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Ternak kambing adalah upaya memelihara kambing menjadi dewasa dan jika sudah pada masanya dapat diperjual belikan. Biasanya yang melakukan ternak kambing ini akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak, terlebih pada bulan bulan idul adha. Dimana bulan ini banyak yang mencari kambing sebagai hewan qurban.

Tips Sukses Usaha Peternakan Kambing

Banyak yang masih ragu untuk melakukan usaha ternak kambing. Karena banyak yang belum mengetahui bagaimana cara merawat dari kambing. Sering kali banyak yang gagal dalam merawat kambing sehingga menyebabkan kualitas kambing menjadi jelek. Untuk Anda yang akan membuka peternakan kambing maka ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu :

  1. Cara konvensional

Anda yang akan membuka usaha dengan peternakan kambing dengan kapasitas kambing yang sedikit, sekiranya 3-4 ekor kambing maka sebaiknya Anda bisa melatih diri Anda dengan merawat kambing secara konvensional. Cara merawat kambing konvensional ini sangat mudah. Anda perlu menyiapkan kandang untuk kambing, usahakan kandang yang memang cukup dan agak luas untuk kambing yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyiapkan makan untuk kambing. Biasanya makan yg diberikan jika secara konvensional adalah rumput-rumput yang diarit. Bahkan Anda bisa mengajak kambing Anda keluar kandang untuk mengajak kambing makan langsung di lapang yang luas.

  1. Cara modern

Sekarang ini sudah ada ternak kambing dengan cara yang modern. Cara ini biasanya lebih banyak memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Cara modern ini dimiliki bagi mereka yang memiliki kambing dalam jumlah yang banyak. Untuk cara modern ini, biasanya akan membutuhkan kandang yang sangat luas. Masalah pakan yang diberikan adalah makanan fermentasi dari jerami dan daun daunan yang memang sudah diiris secara kecil kecil.

Kedua cara ini bisa Anda pilih ketika Anda memang ingin menjalankan usaha ternak kambing. Banyak yang sudah menjalankannya, bahkan untuk mempelajari beternak yang baik sudah gampang ditemukan. Anda bisa menemukannya secara online untuk kiat kiat beternak yang lebih baik. Biasanya yang perlu diperhatikan dalam beternak hewan adalah sebagai berikut :

  • Vitamin

Jangan lupa untuk memberikan kambing ternak Anda dengan vitamin. Karena vitamin digunakan untuk menjaga kesehatan dan stamina dari kambing. Dengan begitu, kambing bisa memiliki daging yang sehat.

  • Vaksin

Kambing ternak juga membutuhkan vaksin, hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dari hewan ternak. Saat ini sudah banyak penyakit yang menyerang hewan ternak, sehingga perlu diberikan vaksin agar penyakit tidak mudah menyerang hewan ternak.

  • Perkawinan

Jumlah ternak perlu diperbanyak agar usaha Anda berjalan terus menerus. Untuk itulah Anda yang memang ingin memperbanyak jumlah hewan ternak terutama kambing maka perlu dilakukan perkawinan. Perkawinan ini bisa menghasilkan anak dan kemudian bisa dikembang biakan lagi menjadi kambing yang dewasa dan bisa dijual. Saat melakukan perkawinan pastikan kembali bahwa kambing tersebut memang dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki penyakit.

  • Periksa kesehatan kambing

Jangan asal memelihara kambing, setidaknya jika Anda membuka usaha ternak kambing dalam jumlah yang banyak maka Anda perlu melakukan kontrol rutin terhadap kesehatan kambing ternak Anda. Biasanya akan ada dokter hewan yang akan mengecek kesehatan kambing atau hewan ternak. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit berbahaya pada kambing.

Hal ini adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan juga ketika Anda beternak kambing. Adanya pemberian vitamin dan vaksin pada hewan ternak bisa membuat hewan menjadi sehat. Ketika hewan ternak sehat maka kualitas daging dari hewan ternak juga akan bagus. Kualitas daging yang bagus bisa Anda jual dengan harga banderol yang mahal. Banyak yang memilih melakukan ternak kambing dengan cara modern, hal ini dikarenakan bisa memberikan keuntungan yang lebih banyak. Cara modern tentunya tidak mengeluarkan biaya yang banyak dalam urusan pakan. Hal ini dikarenakan, cara modern dalam mengolah pakan dibuat dengan mencampurkan bahan bahan yang banyak mengandung serat sehingga kambing akan merasa kenyang dengan cepat.

error: Content is protected !!